Bawaslu RI Temukan 1300 Pemilih Ganda di Gorontalo

Fritz Edward Siregar

RadarGorontalo.com – Dari hasil penelusuran Bawaslu, ada kurang lebih 1300 pemilih ganda yang terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di provinsi Gorontalo. Berangkat dari itu, secara nasional jumlah pemilih ganda mencapai 1,1 Juta, bahkan kemungkinan akan sampai 3 Juta. Sebagaimana dikatakan Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, saat ditemui usai kuliah umum di Universitas Gorontalo, kemarin.

“Nanti akan kami serahkan saat rekap rapat pleno DPT di KPU RI, Minggu (16/9). Kita akan menyerahkan seluruhnya ke KPU RI untuk diteliti kembali,” ujar Fritz.  Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Zaharudin Umar menyampaikan pemilih ganda ini dari hasil pencermatan, selain dia ganda internal, dia ganda eksternal. Lalu kemudian kita cermati kembali apakah orang ini sudah benar-benar punya KTP elektronik atau belum.

Atau kemudian apakah misalnya orang ini benar-benar ada atau tidak. “Karena biasanya di DPT itu ada yang sudah meninggal, sehingga itu yang kita cermati kembali,” papar Zaharudin. Sebelumnya, KPU Provinsi Gorontalo Agustus silam, sudah melakukan rekapitulasi DPT untuk pemilu 2019 sejumlah 791.315 pemilih, yang tersebar di 1 kota, dan 5 kabupaten se Provinsi Gorontalo. Dengan jumlah desa dan kelurahan 729 desa, terbagi di 3.359 TPS. (RG-56)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *