Bawaslu RI : Gorontalo Rawan Ricuh

RadarGorontalo.com – Prediksi Bawaslu Gorontalo, tentang tingkat kerawanan pilkada di Provinsi Gorontalo, rupanya melenceng. Serangkaian kejadian, mulai dari pendaftaran, penetapan hingga deklarasi kampanye damai yang ricuh, membuat Bawaslu harus merevisi kembali pendapatnya. Status Gorontalo pun ditetapkan, sebagai daerah pilkada dengan tingkat kerawanan tinggi, utamanya keamanan.

Warning dari Bawaslu sendiri, tentu ada alasannya. Dan sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka semua pihak terkait, mulai dari penyelenggara pilkada, pengawas, pihak keamanan hingga pemerintah daerah, sejak awal harus diantisipasi.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Siti Haslina Said, menjelaskan awalnya tidak diprediksi tingkat kerawanan di Gorontalo, namun seiring berjalan tahapan berbagai macam persoalan telah terjadi. Tingkat kerawanan itu ditetapkan, setelah sudah ada beberapa laporan gugatan yang masuk di Bawaslu hingga deklarasi kampanye damai telah ricuh dan ini menjadi sorotan nasional. “Atas dasar inilah Bawaslu, telah menetapkan Gorontalo sebagai daerah rawan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,” ujarnya.

Bahkan kata Haslina, Gorontalo urutan pertama tingkat kerawanannya. Dengan melihat tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada, Gorontalo yang menjadi perbincangan publik, hingga sampai ditingkat nasional. “Dari semua daerah yang melaksanakan Pilkada, hanya Gorontalo yang paling bergejolak,” tegasnya. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.