Bawaslu Minta KPU Pastikan Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu Aman

Idris Usuli

RadarGorontalo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo mengimbau kepada KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan pengawasan perakitan kotak suara.

Anggota Bawaslu Idris Usuli menuturkan ada beberapa fokus pengawasan yang harus menjadi perhatian. Pertama adalah masalah ketersediaan jumlah, di mana total kotak suara yang dirakit harus sesuai dengan jumlah TPS di setiap wilayah Kabupaten/Kota.

Kiranya, kawan-kawan KPU memastikan jumlah yang diterima dari penyedia, kemudian setelah disortir berapa yang rusak dan berapa kekurangan dari kotak suara, ungkap mantan devisi logistik KPU Bone Bolango ini.

Selain itu juga, pihaknya memastikan soal kelayakan gudang logistik KPU, dimana yang menjadi catatan penting yakni gudang logistik pemilu juga harus dilengkapi alat pemadam api ringan. Mengingat perlengkapan logistik pemilu tahun cukup riskan dan mudah terbakar.

Apalagi kotak suara yang berbahan karton dupleks, sehingga hal ini harus diantisipasi. “Itu yang menjadi catatan khusus kami. Bahwa seluruh gudang logistik harus punya alat pemadam kebakaran.

Jangan sampai tidak ada. Karena sangat riskan. Seluruh logistik rata-rata mudah terbakar,” paparnya. Selain itu pihaknya juga memperhatikan progres perakitan kotak suara.

In Shaa Allah dalam waktu dekat, Bawaslu Provinsi ini akan melakukan monitoring perakitan kotak suara untuk memastikan kesiapan dari KPU. “Menjaga kualitas kotak suara selama kurang lebih dua bulan ke depan hingga pemungutan suara wajib dipastikan pemeliharannya secara terus-menerus.

Artinya penyimpanan logistik pemilu KPU harus memenuhi standard keamanan. Dan KPU wajib memeriksa secara berkala gudang logistik pemilu, setidaknya untuk meminimalisasi ancaman banjir dan kebakaran.

Selain itu, KPU wajib memastikan gudang penyimpanan mempunyai daya antisipasi banjir dan ketersediaan alat pemadam kebakaran, tandasnya. (RG-31)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *