Bawaslu Jangan Takut

Kapolda Turunkan 3000 Personil Polisi

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Sukses di Pilkada serentak 2015 kemarin, tak membuat Kapolda Gorontalo Brigjen. Pol. Hengkie Kaluara puas. Karena, masih ada satu agenda politik yang lebih besar lagi yaitu Pilgub dan Pilbup pada 2017 mendatang.

Kapolda bertekad, pelaksanaan Pilkada harus berlangsung aman dan berkualitas. Untuk itu sejak dini orang nomor 1 dijajaran Polda Gorontalo itu sudah mulai melakukan persiapan. Ketika berbincang – bincang pada acara Apel Kasatwil Polda Gorontalo, Selasa (31/5), di Hotel Maqna , Kapolda mengatakan akan menurunkan 3 ribu pasukan untuk mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2017 mendatang. “Kami punya 4200 anggota polisi dan untuk Pilgub nanti akan diturunkan 3 ribu pasukan,” katanya.

Dalam acara kemarin itu, nampak hadir sejumlah komisioner KPU dan Bawaslu. Kehadiran penyelengara Pilkada, sepertinya ada kaitan dengan apa yang diungkapkan Kapolda bahwa, sekarang sengketa pilkada sudah ditangani ditingkat Bawaslu. Untuk itu, Bawaslu akan dijaga dengan ketat.

Saat memberikan sambutan, Kapolda menghimbau pihak Panwaslu dan Bawaslu, agar tidak takut dalam menangani setiap kasus-kasus pelanggaran pilkada. Soal pengamanan tak perlu khawatir, Polda akan mulai mempersiapkan dari sekarang.

Tak hanya itu, dalam setiap simulasi penanganan gangguan, pihak kepolisian ditunjang dengan berbagai peralatan canggih. Rangkaian simulasi dilakukan, dengan harapan saat pilkada nanti, proses pengamanan berjalan sesuai rencana.

Menanggapi itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan siap memberi dukungan. Pihaknya pun tak terlalu khawatir, karena terbukti pada pilkada 2015 silam, bisa berjalan aman dan lancar.

“Pengaman pilkada serentak yang sesuai dengan prosedur dan sukses dilakukan Polda bersama jajaran di 2015 lalu, merupakan bukti nyata bahwa Pilkada serentak 2017 nanti, akan berjalan dengan baik,”ungkap Rusli. Senada ditambahkan Dandim 1304 Gorontalo Letkol Arm Yuniar Dwi Hantono S.Sos, bahwa terkait dengan pilkada 2017 nanti, pihaknya akan memberikan segenap bantuan untuk melakukan pengamanan bersama Polri. “Dan pengamanan yang kami berikan, sesuai dengan tupoksi kami yang berdasarkan SOP,”jelasnya. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *