Bawaslu Harus Berintegritas dan Profesional 

Anggota DKPP Ida Budhiati saat memberi materi yang bertema peran DKPP dan Bawaslu dalam penegakan kode etik penyelenggara pemilu, Minggu (2/12)

RadarGorontalo.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gorontalo bersama Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Minggu (2/12) kemarin menggelar rakor bersama membahas pelanggaraan kode etik dan sangsi berkaitan problem penyelenggraan profesionalitas.

Rakor yang dihadiri seluruh komisioner Bawaslu se-Gorontalo tersebut dihadiri Ketua Dewan Kehormatan penyelenggaraan pemilu (DKPP) DR. Ida Budhiati, SH.MH.

Dalam materinya, DR Ida menyampaikan bahwa demokratis itu elemennya hanya ada empat yakni kepastian hukum, penyelenggaranya independen, partisipasi masyarakat, dan keadilan pemilu.

Sementara didalam pemilu berintegritas itu sub sistemnya ada tujuh, yakni kepastian hukum, penyelenggaranya mandiri dan profesional, daftar pemilih yang lengkap, otentisitas suara rakyat, kepatuhan terhadap hukum, partisipasi masyarakat, dan penegakan hukum dan etika,” kata Ida.

Menurutnya, data penanganan perkara dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu di DKPP sejak tahun 2012 hingga 2018 jumlah perkara yang ditangani lebih dari 50 persen penyelenggaraan itu tidak terbukti melanggar kode etik.

Apa maknanya, bahwa kita semua patut optimis di pemilu 2019. “Tidak ada alasan yang bisa diterima dengan kalimat saya orang baru, karena anda telah diseleksi melalui tahapan yang cukup panjang dan melelahkan. Jadi dibutuhkan keahlian untuk mengelola pemilu yang tidak hanya demokratis tetapi juga berintegritas,” lanjutnya.

“Penyelenggara pemilu harus mampu menguasai seluruh aspek teknis penyelenggaraan pemilu, ingin profesional itu harus tahu apa yang menjadi tugas wewenang kewajibannya.

Kalau tidak paham apa yang dikerjakan akan muncul persoalan tidak profesional,” tutupnya. Pada kegiatan itu juga tampil sebagai pemateri yakni Ketua Bawaslu Gorontalo Jaharudin Umar. (RG)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *