Bawaslu Gorontalo Monitoring Tugas Panwascam dan Desa

Anggota Bawaslu Gorontalo melakukan monitorng Panwas Kecamatan Bolango Ulu Kabupaten Gorontalo, Sabtu (12/1)

RadarGorontalo.com – Dalam mengoptimalkan kinerja Pantia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan, Bawaslu Provinsi Gorontalo, Sabtu (12/1) melakukan monitoring ke Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.

Monitoring yang dipimpin Divisi Hukum Dan Data Informasi Bawaslu Provinsi, Idris Usuli juga didampingi pimpinan lainnya yakni Rauf Ali dan Ahmad Abdullah.

Idris menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk monitoring dan evaluasi terhadap kerja-kerja pengawasan hingga ke level panwaslu kecamatan dan panwaslu desa/kelurahan di seluruh wilayah terpencil.

Selain itu kata dia, bahwa tugas Bawaslu juga memberikan dorongan serta penguatan kepada Bawaslu Kab/Kota sampai ketingkat bawah.

Sehingga dengan supervisi dan montoring bisa diketahui persis apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh Panwascam dalam melakukan tugas pengawasan.

Dengan adanya monitoring dan supervisi yang sebelumnya kita laksanakan sampai sekarang akan memberikan semangat serta kerja-kerja yang pofesional dalam menerima laporan atau temuan dari masyarakat.

Bukan hanya samapai disitu, laporan atau temuan dugaan pelanggaran harus kita tindaklanjuti dengan prosedur yang diatur oleh Undang undang Nomor 7 Tahun 2017, Peraturan Badan Pengawas Pemilu, ungkapnya.

Apalagi dalam masa kampanye yang telah dimulai beberapa bulan ini, panwaslu kecamatan diberikan ruang untuk melaksanakan rapat koordinasi dengan stakeholder dan peserta pemilu di tingkat kecamatan tentang aturan kampanye dan kepemiluan.

“Mereka kita berikan ruang untuk menjajaki komunikasi dan koordinasi dengan peserta pemilu dan stake holder, sehingga dapat membagikan informasi tentang pemasangan APK, BK dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sebab tugas Panwas juga untuk meminimalisir berbagai pelanggaran yang ada ditingkat bawa, tandasnya. (RG-31)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *