Sen. Mei 20th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Baru Pimpin UMG, Tugas Berat Menanti

2 min read
 Prosesi pelantikan Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S sebagai Rektor UMG periode 2016 - 2020 oleh Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Arsyad. Nampak disaksikan Ketua PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si.
Prosesi pelantikan Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S sebagai Rektor UMG periode 2016 – 2020 oleh Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Arsyad. Nampak disaksikan Ketua PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si.

RadarGorontalo.com – Salah satu tugas berat yang harus diemban Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S sebagai Rektor UMG yang baru, yakni pembukaan Fakultas Kedokteran. Amanah ini pun sebagaimana yang telah menjadi salah satu target Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd semasa menjabat rektor sebelumnya.

Soal hal ini, Muhammad Isman Jusuf mengatakan ada tiga hal yang kemudian akan dilakukan dalam waktu dekat ini, yang pertama adalah reakreditasi program studi, dimana dari 11, baru 7 yang terakreditasi dengan nilai B, sehingga masih ada empat yang harus diperjuangkan ke B. Kemudian yang kedua, akreditasi institusi yang awalnya C diusahakan menjadi B dan yang ketiga, yakni fakultas kedokteran. “Terkait dengan itu, kita sudah melakukan usaha-usaha, lobi-lobi kepada kementrian maupun pimpinan pusat, mudah-mudahan hal ini bisa jadi kenyataan dibawah kepemimpinan saya sebagai rektor,” tuturnya.

Ditanya soal target, Muhammad Isman menjelaskan bahwasanya dalam dua tahun pertama ini pihaknya masih berusaha untuk memenuhi persyaratan, terutama akreditasi institusi dengan nilai B, itu yang harus dikejar. “Kalau itu sudah tercapai, maka insya Allah pengusulan untuk fakultas kedokteran bisa memenuhi persyaratan yang diminta,” tukasnya. Kata Walikota Gorontalo Marten A Taha, juga sebagai Kepala BPH UMG itu, tinggal selangkah lagi UMG akan memiliki prodi yang banyak diminti generasi muda tersebut. Hanya saja, masih ada beberapa proses tahapan yang harus dilakukan UMG, termasuk akreditasi dua program studi yang masih berakreditasi C, untuk naik ke B.

Kata Marten, rektor UMG yang baru dapat meningkatkan kampus tersebut seperti yang sudah dilakukan rektor lama, yang mampu membangun peran UMG di kanca pendidikan Gorontalo. Serta berhasil membuat UMG menjadi besar, mulai dari memiliki 800 mahasiswa hingga sampai 4.200 mahasiswa. Termasuk pengembangan sarana dan prasarana serta fasilitas fisik, dan menyekolahkan 30 dosen agar dapat meraih gelar doktor. “Ini target yang harus dilakukan Isman sebagai rektor yang baru. Termasuk mensukseskan prodi fakultas kedokteran yang rencananya 2017 nanti akan dibuka penerimaan mahasiswa barunya,” tutu Marten. (rg-56/62)

Share

Tinggalkan Balasan