Bantuan Bibit Jagung Dipangkas, RH Langsung ke Jakarta

RadarGorontalo.com – Gubernur Rusli Habibie langsung terlihat gelisah disela-sela sidang Paripurna tingkat II Ranperda RPJMD, di ruang sidang DPRD Provinsi Gorontalo, Selasa (17/10) kemarin. Bahkan lewat sambutannya, kepada para anggota DPRD dan para tamu undangan di sidang Paripurna tersebut, Rusli menyampaikan permohonan maafnya untuk segera meninggalkan DPRD untuk menuju Bandara dan bertolak ke Jakarta. “Mohon maaf, hari ini saya pamit lagi ke Jakarta, karena besok (hari ini.red) jam 9 saya ditunggu oleh pak Menteri Pertanian. Ada informasi dari kadis saya bahwa bantuan benih jagung untuk Gorontalo akan dikurangi separuh. Tahun ini kita alhamdulillah mendapat bantuan benih untuk 300.000 hektar tapi untuk tahun depan tinggal 150.000 hektar. Tentu saja ini sangat berpengaruh bagi petani,” kata Rusli disela sela Sidang paripurna tingkat II Ranperda RPJMD.

Terkait informasi tersebut, hari ini, Rusli Habibie akan bertemu dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, di Jakarta. Pertemuan dengan Mentan ini adalah terkait informasi adanya pengurangan dana alokasi APBN disektor pertanian tahun 2018 nanti, akan dipangkas. “Saya khawatir jika nantinya dana alokasi APBN dalam bentuk program maupun bantuan akan semakin berkurang. Untuk itu saya langsung menghadap,” tambahnya.

Dikatakan bahwa dirinya akan berupaya untuk melobi Mentan, agar rencana tersebut dapat dipertimbangkan kembali, ini selain Gorontalo sudah ditetapkan sebagai lumbung jagung nasional, bantuan benih jagung dan pupuk merupakan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh petani. Ia khawawatir jika pengurangan bantuan akan berdampak buruk pada kesejahteraan petani dan produktivitas jagung. Selain berencana menemui Mentan, gubernur juga diagendakan untuk menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pertemuan tersebut rencananya bakal membahas Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat ke Gorontalo tahun 2018 mendatang. (RG-25)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *