Bank Indonesia Siap Promosikan Kopi Gabulu

KEPALA BI Gorontalo, Suryono menyatakan siap membantu promosikan dan memasarkan Kopi Gabulu dalam kunjungannya ke Bone Bolango dan diterima langsung Bupati Hamim Pou di Pondopo Bandhayo Rudis Bupati, baru-baru ini.

RadarGorontalo.com – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Gorontalo menyatakan siap membantu promosi sekaligus memasarkan produk lokal asal kabupaten Bone Bolango, salah satunya produk unggulan Kopi Gabulu.

“Kita siap memfasilitasi Pemkab Bone Bolango dan akan membantu untuk promosi dan pemasarannya supaya Kopi Gabulu asal Bone Bolango dapat dikenal oleh masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri,”kata Kepala BI Gorontalo, Suryono dihadapan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, belum lama ini.

Suryono pun berpesan potensi kopi Gabulu terus dikelola dengan baik, berkelanjutan dan berkesinambungan agar kopi tersebut menjadi produk yang berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi.

“jika potensi ini dikelola dengan baik, ini akan menjadi penyangga perekonomian masyarakat terutama para petani. Tentu juga akan berdampak signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi di daerah” ujarnya.

Menurut Suryono, perlu pengelolaan yang baik dan berkesinambungan agar Kopi Gabulu memiliki daya saing dengan kopi-kopi yang diproduksi daerah lainnya, baik yang berskala lokal, regional, nasional maupun internasional.

BI Gorontalo sendiri, lanjut Suryono siap untuk memasarkannya, tapi harus ada komitmen dari Pemda Bone Bolango, khususnya pengelola maupun pengusaha Kopi Gabulu agar tetap menjaga kualitas produk Kopi Gabulu dan selalu menyediakan stok produk.

“jika sewaktu-waktu kami hubungi karena ada permintaan dari calon para pembeli, kami berharap stoknya ada yang tersedia” pesannya.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan Kopi Gabulu merupakan produk organic yang bahan bakunya berasal dari Kopi Pinogu dari Kecamatan Pinogu dan gula aren dari Kecamatan Bulango Ulu.

Kedua bahan baku ini kemudian diolah dan diracik menjadi Kopi Gabulu (Kopi Pinogu Gula Aren Bulango Ulu), serta sudah dikemas dalam bentuk sachet. Kata Bupati, Kopi Gabulu ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

Lebih penting lagi kopi ini berbasis organik dan memiliki kadar gula yang rendah karena menggunakan gula dari bahan baku gula aren.

“kopi ini sangat cocok bagi para penikmat kopi dan dijamin mampu menyehatkan tubuh, karena kadar gulanya sangat rendah.” paparnya.

Bupati pun mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BI Gorontalo, Suryono karena sudah berkenan dan mau mempromosikan serta memasarkan Kopi Gabulu yang merupakan produk lokal dari Bone Bolango tersebut.

“insya Allah kami akan memastikan dan menjamin akan ketersediaan produk kopi tersebut, jika sewaktu-waktu ada permintaan dari para pembeli lewat Bank Indonesia.” tutur Hamim Pou sembari berharap kepada BI Gorontalo kiranya bisa mempromosikan produk unggulan Bone Bolango lainnya, seperti kopi hitam organic Pinogu, beras organik Pinogu, dan produk-produk unggulan lainnya. (RG-46)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *