Baca Teks Pancasila 4 Bahasa

4 mahasiswa UMG saat membacakan teks pancasila dengan empat bahasa, yakni bahasa Indonesia, Inggris, Arab dan Gorontalo.

RadarGorontalo.com – Berbagai keunikan mewarnai peringatan HUT RI ke – 72, Kamis (17/8). Mulai dari upacara bendera di lapangan berlumpur, pesta rakyat dengan berbagai macam lomba tradisional hingga kegiatan lainnya dalam semarak kemerdekaan. Tak terkecuali upacara peringatan HUT RI ke – 72 yang dilaksanakan UM Gorontalo.

Keunikan dalam upacara tersebut, dilihat dari pembacaan teks pancasila yang menggunakan empat bahasa, yang dibacakan empat mahasiswa perwakilan tiga fakultas, yakni teks bahasa Indonesia oleh Mutiara Pangku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS), teks bahasa Inggris oleh Indah Diah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), teks bahasa Arab oleh Nurmawan Muksin juga mahasiswa dari FIB dan teks bahasa Gorontalo oleh Flawin C Kumai mahasiswa Fakultas Pertanian.

Cara membacanya pun seperti berbalas pantun, sehingga menarik untuk didengar. Bahkan, sesekali terlihat pimpinan dan jajaran civitas akademika yang mengikuti jalannya upacara tak mampu menahan tawa. Rektor UM Gorontalo Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S menjelaskan pembacaan teks pancasila menggunakan empat bahasa ini memang sudah diatur sejak awal, dimana ini dilakukan untuk mensosialisasikan kepada civitas kampus tentang nilai-nilai pancasila.

Selanjutnya, ini juga memberikan pandangan bahwasanya kalau pancasila itu dapat dibahasakan lewat bahasa lainnya di luar bahasa Indonesia, apalagi ada bahasa lokal, juga ada nomenklaturnya atau vocabularynya. “Sehingga pancasila bisa diterima dengan berbagai macam versi bahasa,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Muhammad Isman, ini juga untuk menunjukkan ciri khas kampus UM Gorontalo, yang membina Prodi Sastra Inggris dan Sastra Arab, dan juga sangat mendukung budaya Gorontalo. “Dan memang disegala aspek kegiatan kita berusaha untuk nilai-nilai yang bersifat nasional kita promosikan, kita desiminasikan, selain menggunakan bahasa Indonesia juga tiga bahasa lainnya,” tandasnya. (rg-56)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *