Ayo Lestarikan Pulau Diyonumo

Bupati Dr. Indra Yasin, MH, Gubernur Drs. Rusli Habibie, M.Ap dan Dandim 1304 Gorontalo saat foto bersama dengan masyarakat
Bupati Dr. Indra Yasin, MH, Gubernur Drs. Rusli Habibie, M.Ap dan Dandim 1304 Gorontalo saat foto bersama dengan masyarakat

RadarGorontalo.com – Sebagai upaya untuk melestarikan dan menjaga ekosisitim di pulau Wisata Diyonumo Bupati Dr. Indra Yasin, MH bersama Gubernur Drs. Rusli Habibie, M.Ap secara simbolis melakukan pelepasan anak penyu (tukik). Acara yang berlangsung di laut Diyonumo Desa Deme II Kecamatan Sumalata Timur Sabtu (15/10) dihadiri Dandim 1304 Gorontalo, pimpinan SKPD dari pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten Gorontalo Utara dan dihadiri ratusan masyarakat ini merupakan bagian program konservasi pesisir laut oleh pemerintah provinsi Gorontalo.

Sebagai daerah yang memiliki garis pantai terpanjang diprovinsi Gorontalo yaitu sepanjang 317 kilometer bupati memberikan apresiasi atas program konservasi oleh pemerintah provinsi yang merupakan bagian dalam menjaga kelestarian dan terjaganya biota laut serta tetap terjaganya hewan-hewan yang dilindungi. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo Utara menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Drs. Rusli Habibie, M.Ap yang telah memprogramkan konservasi laut di Gorontalo Utara khususnya dikawasan wisata Diyonumo ini.

Pelepasan anak penyu ini merupakan bentuk kepedulian terhadap hewan penyu yang dilindungi yang saat ini terancam punah. Oleh karena itu Gorontalo Utara yang memiliki banyak pulau dan memiliki pesisir pantai yang berpasir perlu adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelesyarian hewan penyu dan menjaga kelestarian biota laut khususnya dikawasan wisata seperti pulau Diyonumo, Pulau Saronde dan sejumlah pulau lainnya”, jelas bupati.

Lebih lanjut Bupati mengajak kepada masyarakat untuk tidak lagi memburu dan menangkap penyu. Akan tetapi penyu harus tetap dibiarkan untuk hidup dan berkembang yang nantinya dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung di Gorontalo Utara. Kepada seluruh masyarakat bupati juga meminta untuk ikut serta menjaga kelestarian biota laut serta menjaga kebersihan pesisir laut. Termasuk tidak melakukan pengrusakan biota laut serta masyarakat tidak melakukan penangkapan ikan secara ilegal karena akan merusak lingkungan yang ada di dilaut.

Sementara Gubernur Drs. Rusli Habibie, M.Ap saat memberikan sambutan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan pantai khususnya di pulau Diyonumo sebagai kawasan wisata di Provinsi Gorontalo. “Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetapmenjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah dan bekas-bekas minuman sehingga laut tetap terjaga”, jelas Gubernur. (RG.53)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.