Awas, Hama Wereng Batang Coklat

Potret kawasan pertanian, berupa areal persawahan yang tersebar di wilayah Boliyohuto cs, kabupaten Gorontalo, yang kini sebagian dilanda Hama Wereng Batang Coklat

RadarGorontalo.com – Ini warning atau peringatan bagi seluruh masyarakat petani se provinsi Gorontalo. Agar mulai mengantisipasi wabah Hama Wereng Batang Coklat, melanda wilayah pertaniannya masing-masing. Karena, terhitung sejak sepuluh hari yang lalu, sejumlah wilayah pertanian, berupa areal-areal sawah petani yang tersebar di kecamatan Boliyohuto cs, saat ini terdeteksi sebagian sudah diserang oleh Hawa Wereng Batang Coklat tersebut. “Ini informasi yang saya terima dari masyarakat petani di Boliyohuto cs. Bahwa, sudah ada sejak sepuluh hari lalu, Hama Wereng Batang Coklat, mulai melanda sebagian areal persawahan di kecamatan tersebut,” ungkap anggota Deprov dari daerah pemilihan (dapil) IV Boliyohuto cs, Wasito Somawiyono, yang juga anggota Komisi II Deprov Gorontalo, yang bermitra kerja dengan Dinas Pertanian, kemarin. “Namun Alhamdulillah, dari koordinasi yang saya sudah lakukan dengan bapak Mulyadi (Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo), pihaknya sudah menerjunkan tim, untuk menanggulangi mulai mewabah-nya Hama Wereng Batang Coklat di Boliyohuto cs ini. Minimal dengan melakukan tindakan-tindakan persuasif, seperti penyuluhan dan sebagainya. Karena, dari pengakuan para petani di Boliyohuto cs, mereka masih resah, belum mendapat cara-cara atau penangkal, agar Hama Wereng Batang Coklat ini, tidak semakin merajalela wabahnya, melanda areal pertanian lainnya,” urai Wasito.

Pada sisi lain, Wasito juga mengharapkan, agar dinas terkait di 6 Kabupaten/Kota, hingga di unsur-unsur pemerintah kecamatan se provinsi Gorontalo, untuk pula mengantisipasi wabah Hama Wereng Batang Coklat ini. “Agar serangan Hama Wereng ini, jangan sampai menggagalkan usaha pertanian, jangan melanda semua wilayah pertanian di provinsi Gorontalo. Yang dikhawatirkan, turut berdampak pada kelesuan aktivitas masyarakat petani. Terlebih di bulan Ramadhan saat ini, dan geliat mereka menghadapi lebaran Idul Fitri nanti,” harap Wasito. (ay1/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *