Arus Mudik Mulai Padat

KADISHUB didampingi Kepala BPTD, unsur kepolisian dan TNI serta unsur terkait lainnya memeriksa kesiapan armada pelengkap, serta Posko Terpadu Angkutan Lebaran. (foto/abing)

RadarGorontalo.com – Sedikitnya ada tiga posko yang telah dipersiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Gorontalo untuk mengatasi arus mudik menjelang dan pasca lebaran idul fitri 1439 H tahun ini. Tiga posko itu yakni posko udara di Bandara Djalaludin Gorontalo, posko darat di terminal 42 Andalas dan terkahir posko laut atau penyeberangan di Pelabuhan Feri Gorontalo. Hal menarik dari kegiatan mudik tahun ini adalah membludaknya penumpang yang melalui jalur udara. “ini belum memasuki H-7 atau H-5, setelah saya cek di Bandara Djalaludin, ternyata penumpang sudah meningkat 100 persen.” kata Dishub Provinsi Gorontalo, Djamal Nganro.

Jika tahun sebelumnya hanya berkisar 1.700 penumpang, tapi tahun ini sudah mencapai lebih kurang 2.700 penumpang baik yang dari dan ke Gorontalo. Makanya kata Djamal, untuk mudik tahun ini dijaga ketat oleh petugas gabungan dari unsur TNI AD, AL, AU, Basarnas Provinsi Gorontalo, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Petugas gabungan ini tidak hanya pengamanan mudik, tapi turut mengawasi semua aktivitas, termasuk menjaga jangan sampai ada calo atau makelar tiket yang bisa merugikan penumpang. “tidak menutup kemungkinan, kami akan melibatkan tim Saber Pungli dalam pengawasan mudik ini, agar tak ada praktek-praktek liar yang bisa merugikan masyarakat. Dan jika kami temukan, maka sanksinya akan sangat berat.” tegasnya.

Djamal juga mengingatkan kepada pihak terkait agar penjualan tiket kapal laut harus sesuai dengan kapasitas kapal. “saya ingatkan jangan sampai over kapasitas yang bisa menyebabkan kecelakaan di laut.” ungkapnya. Sehingga itulah, Djamal berharap pelaksanaan kegiatan mudik tahun ini berjalan dengan baik. “insya Allah semua pemudik nyaman dan aman dalam perjalanan dari dan ke Gorontalo.” tuturnya. (rg-25/rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.