APBD Harus Berpihak ke Rakyat

Fadli Hasan

Foto Fadli Hasan

RadarGorontalo.com – Wakil Bupati Hi. Fadli meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di lingkup Setda Kabgor agar benar-benar pedomani dan memahami Pemendagri No 31 Tahun 2017 tentang penyusunan anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, bertempat di Balroom Inna Garuda Hotel Jogjakarta, Jumat (28/07).

Kegiatan yang dibuka Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie tersebut berlangsung tiga hari tersebut diikuti oleh seluruh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) juga Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD dari seluruh Daerah yang ada di Provinsi Gorontalo.

Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017 merupakan sinkronisasi kebijakan Pemerintah Daerah dengan Kebijakan Pemerintah Pusat. Dimana penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial, serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follows program dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar karena tugas fungsi kementrian/lembaga yang bersangkutan. Hal ini mengisyaratkan bahwa pencapaian prioritas pembangunan Nasional memerlukan adanya koordinasi dari seluruh pemangku kepentingan, melalui pengintegrasian prioritas Nasional/program prioritas/kegiatan prioritas yang dilaksanakan dengan berbasis kewilayahan.

Fadli Hasan mengatakan, RKP 2017 dimaksudkan sebagai pedoman bagi Kementrian dan Lembaga dalam menyusun Rencana Kerja (RENJA) 2017, sekaligus menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun RKP Daerah (RKPD). “Sesuai tema RKP Tahun 2017 yakni memacu pembangunan infra struktur dan ekonomi untuk meningkatkan kesempatan kerja serta mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah, maka jelas bahwa Pemerintah terus berupaya dalam mewujudkan masyarakat adil makmur dan sejahtera, melalui sinkronisasi program dan kebijakan prioritas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, jelasnya. Mampak hadir pada pembukaan kegiatan tersebut diantaranya, Bupati Boalemo Rum Pagau, Ketua DPRD Bonbol, serta para pejabat dilingkungan Provinsi Gorontalo. (RG-31)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *