Anggota Dewan Naik Gaji

RadarGorontalo.com – 2017 adalah tahun keberuntungan bagi para Aleg. Apa pasal? karena tahun ini, seluruh tunjangan bagi para anggota legislatif itu, mulai aleg level kabupaten, provinsi hingga DPR RI tunjangannya akan dinaikkan. Kendati demikian, kenaikan itu belum bisa dilakukan secepatnya.

Kenaikan tunjangan dan gaji anggota dewan itu, tidak merata alias ditentukan dengan kekuatan APBD masing-masing daerah. Saat dikonfirmasi, sejumlah sekretaris dewan belum bisa memastikan, kapan aturan ini akan diberlakukan. Namun, mereka memprediksi, kenaikan tunjangan sudah bisa dirasakan setelah pembahasan APBD perubahan nanti. Pasalnya, PP nomor 18 tahun 2017 yang mengatur soal hak-hak keuangan anggota dewan, baru disahkan Februari tahun ini. Sehingga, tidak keburu diakomodir dalam pembahasan APBD induk.

Pembayaran tunjangan yang mengalami kenaikan itu, belum diketahui berlaku kapan. Menurut informasi, akan berlaku mulai Juli bulan depan, tapi ada juga yang bilang tergantung, Pergub, Perwako atau Perbup. Tapi karena tidak terakomodir dalam APBD induk, kemungkinan dibayarkan nanti perubahan.

Sementara itu, konfirmasi yang berhasil didapatkan dari Sekwan DPRD Boalemo Burhan Hinta kepada RADAR Gorontalo menyatakan hingga kini pihaknya belum mengetahui kapan kebijakan kenaikan gaji anggota DPRD itu akan diberlakukan. Menurutnya, DPRD Kabupaten Boalemo masih akan mengikuti sosialisasi tentang Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 yang merupakan pengganti PP nomor 25 tahun 2014 tentang hak-hak keuangan anggota DPRD. “Insya Allah besok (hari ini) kami baru akan mengikuti sosialisasi tentang PP 18 ini. Dan pada tanggal 19-22 mendatang, DPRD Boalemo juga mendapatkan undangan sosialisasi dari Asosiasi Dewan Kabupaten Seluruh Indonesia tentang hal yang sama. Jadi kami belum tahu kapan akan diberlakukan, sejauh ini masih tahap sosialisasi,” tandasnya yang dihubungi via telepon seluler, semalam. (RG-59)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *