Anggaran Pengalihan Gaji Guru, Kurang Rp 38 M

Sekdaprov bersama sejumlah tim TAPD saat menemui Wamenkeu RI, di Jakarta

Kemenkeu Janji Anggarkan di APBN-P

RadarGorontalo.com – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo,Winarni Monoarfa, didampingi Kadis Keuangan Pemprov Gorontalo, mendatangi Kementrian Keuangan RI di Jakarta, yang diterima langsung oleh Wakil Menteri Keuangan RI Prof. DR.Mardiasmo, MBA. Pertemuan tersebut untuk menyampaikan rekonsiliasi penghitungan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Guru SMA/SMK, Pengawas Ketenagakerjaan dan ASN Kehutanan, yang saat ini mulai dibayarkan oleh provinsi.

Kadis Keuangan, Sutan Rusdi saat dikonfirmasi kemarin, menjelaskan bahwa gaji guru, pengawas ketenagakerjaan dan ASN kehutanan, sebelumnya dibayar oleh kabupaten/kota, dan sesuai dengan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka mulai tahun 2017 dialihkan gajinya ke Provinsi Gorontalo.

Namun dikatakan, pengalihan gaji tersebut ternyata seluruhnya dianggarkan dalam APBN Tahun 2017 oleh Kementerian Keuangan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditransfer ke provinsi. Dimana DAU Tahun Anggaran 2017 yang telah ditranser sebesar Rp 131 milyar, hanya untuk membayar gaji ASN yang dialihkan sebanyak 2190 orang.

Padahal gaji yang harus dibayar oleh provinsi adalah untuk pengalihan ASN sebanyak 2872 orang. “Dengan demikian masih terdapat kekurangan DAU tahun 2017 terhadap gaji ASN sebanyak 682 orang ASN. Inilah yang kemudian kami bersama ibu Sekda konsultasikan dengan Wamenkeu,” tambah Rusdi.

Terhadap kekurangan penghitungan gaji ASN tersebut, katanya lagi, Wakil Menteri Keuangan telah menyerahkan ke Sekdaprov yang didampingi Tim TAPD tentang hasil rekonsliasi penghitungan gaji ASN yang dialihkan yakni sebesar Rp 169 M.

Dengan demikian terdapat selisih kekurangan sebesar Rp 38 Milyar yakni Rp 169 M dikurangi yang telah dialokasikan dalam APBN Induk TA 2017 sebesar Rp131 M. “Insya Allah, Wakil Menteri Keuangan berjanji kekurangan itu akan diperhitungkan dan dianggarkan dalam APBN Perubahan T.A 2017 ini,” pungkasnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.