Anak Muda Gorontalo, Mari Bertani…

Wawali Budi Doku berdialog dengan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Ahmad Fudail serta Ketua Gempita Gorontalo Dahlan Usman.

RadarGorontalo.com – Ini kabar gembira untuk anak – anak muda Gorontalo. Punya lahan 1 hektare bisa punya uang Rp. 32 juta setiap panen. Ayo bertani, mari menanam jagung. Lahan bibit sampai alat pertanian semua dibantu pemerintah.

Lalu, bagainana pemasarannya?. Aman semua, karena dipastikan semua dibeli oleh Bulog. “Hebatkan…,” begitu kata dr Budi Doku. Program ini merupakan gagasan brilian dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan program ini belum pernah ada dalam pemerintahan – pemerintahan sebelumnya.

Soal bagaimana caranya mengikuti program itu. Budi Doku mengatakan bisa lewat Gerakan Pemuda Tani (Gempita). Kantornya ada di Mall Gorontalo. Budi juga mengatakan, semua lahan tidur yang ada di Gorontalo akan dimanfaatkan untuk program Gempita. Bahkan lahan – lahan warga yang tidak dimanfaatkan akan dikenakan pajak sebesar progesif 300 persen.

Makanya Budi sudah menghubungi pemilik lahan yang besar – besar agar meminjamkan lahan mereka kemudian akan bagi hasil. Sementara soal modal bisa diperoleh lewat KUR, tanpa agunan sebesar Rp. 25 juta. Tidak hanya itu, pekarangan kosong juga akan dimanfaatkan untuk tanaman rica, tomat dan lain – lain.

Program Gempita ini tak hanya menjamin modal sampai penjualan, tetapi juga menjamin gagal panen, gagal bayar. Demikian pula yang kena bencana seperti banjir, karena ada asuransi. Budi yang baru saja terpilih jadi Ketua HGU itu menjamin anak – anak muda bisa punya uang sendiri dengan mengikuti program Gempita. Satu hal lagi dengan program ini Indonesia tak perlu impor jagung. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.