Anak Kolong di Panggung Politik

Zulkarnain Ruchban

Masa mudanya sangat liar, dia salah seorang anggota geng motor yang anggotanya terdiri dari anak-anak gedongan, termasuk diantaranya Feriyanto Mayulu. Tetapi dari geng inilah yang membawa mereka ke panggung politik. Dari jalanan sampai ke panggung politik mereka selalu bersama.

Feriyanto jadi Ketua DPW PAN, sementara Zulkarnain Ruchban (ZR) jadi Ketua DPD PAN Bonbol dan jadi Aleg. Meski sukses di panggung politik, pecinta mobil tua ini tetap tampil gaul.

Nampaknya pengalamannya di organisasi anak-anak muda, telah memberikannya dasar yang kuat dalam berpolitik. Sebagai “Anak Kolong”, dia mengalami hidup keras di Manado, Ayahnya adalah seorang perwira TNI yang bertugas di Sulut.

Setelah pensiun, jadi Aleg Deprov dari PAN. Darah politik nampaknya mengalir di tubuh ZR. Dia pernah gagal sekali di Pileg, tetapi mentalnya memang kuat, periode berikutnya dia maju lagi dan berhasil dan sekaligus menjadi Ketua PAN di Bone Bolango.

Pria yang masa mudanya suka berkelahi ini, mampu menjaga ambisi-ambisinya. Dia tetap tekun di legeslatif dan tak tertarik sedikit pun maju bertarung di Pilbup.

“Belum saatnya saya maju di Pilbup. Kalau pun akan maju harus papan satu, tetapi saya harus matang dulu di DPR,” katanya. Ditanya bagaimana peluang partainya di Pileg nanti?. ZR optimis masih bertahan dengan kursi yang ada, tetapi ada harapan menambah satu kursi.

Meski selalu tampil gaya, tetapi laki-laki ganteng ini tak pernah terdengar ada skandal wanita. Kesetiaan yang dimilikinya, juga dia terapkan pada partai dan digenerasinya, tinggal dia yang tetap eksis di PAN. ***

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *