Alhamdulillah, Tahun ini Pinogu Segera Nikmati Aliran Listrik

PENANDATANGANAN perjanjian kerja sama pembangunan jaringan listrik ke Pinoguyang disaksikan langsung Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dan Bupati Hamim Pou, dan tokoh nasional Rachmat Gobel, di Hotel Damhil Gorontalo,

RadarGorontalo.com – Setelah 74 tahun berdirinya Indonesia, akhirnya masyarakat Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, tahun ini akan segera menikmati jaringan listrik dari PT. PLN (Persero).

Ini setelah ditandatanganinya perjanjian kerja sama (PKS) antara Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW), Direktorat Jenderal Konservasi SDA dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UPPK) Provinsi Gorontalo, di Hotel Damhil Gorontalo, Senin (28/1).

Penandatangan tersebut juga disaksikan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, tokoh nasional Rachmat Gobel, dan Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma.

Perjanjian kerja sama itu didasarkan pada UU Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya, UU Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 19 tahun 2004, UU Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2011 tentang pengelolaan kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam.

Jadi kami dari Balai TNBNW dan PT. PLN (Persero) telah setuju dan bersepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama tentang pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan dalam rangka pembangunan jaringan listrik PLN untuk supply Kecamatan Pinogu,”kata Kepala Balai TNBNW Lukita Awang Nistyantara.

Lukita menjelaskan, tujuan kerjasama ini adalah optimalisasi pengelolaan kawasan TNBNW melalui pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan dalam rangka pembangunan jaringan listrik PLN untuk supply Kecamatan Pinogu. Tentu dengan kaidah-kaidah konservasi dan tetap mendukung terjaganya keutuhan dan kelestarian kawasan TNBNW.

Manajer UPPK Provinsi Gorontalo Yayan Gobel menambahkan, untuk ruang lingkup kegiatan dalam kerjasama, antara lain, pembangunan jaringan listrik yaitu pemasangan tiang TM (Tegangan Menengah) sepanjang 17,194 km dengan total tiang sebanyak 775 tiang.

Pemasangan kabel dan sarana pendukung lainnya, pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeliharaan jaringan, program-program dalam rangka pelestarian kawasan yang dimaksudkan sebagai bentuk kerja dari pihak kedua yang dilaksanakan dalam bentuk inkind, diantaranya perlindungan dan pengamanan kawasan.

Selain itu, restorasi kawasan hutan yang terdampak pada proses pengoperasian dan pemeliharaan jaringan, penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan kawasan TNBNW melalui program-program sosial PLN, konservasi keanekaragaman hayati, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat di sekitar lokasi pembangunan, dan kegiatan pendukung lainnya antara lain supervisi, konsultasi, koordinasi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan kerjasama.

Untuk letak dan luas lokasi kerja sama areal kerja sama pembangunan jaringan listrik (pemasangan tiang tegangan menengah) sepanjang 17,194 km dari Tulabolo menuju Pinogu berada di kawasan TNBNW.

”Sesuai SPK pembangunan jaringan listrik ke Pinogu yang dikerjakan oleh lima vendor itu, yakni 150 hari kerja dari tanggal 20 Desember 2018. Saat ini sementara proses mobilisasi material dari gudang ke lokasi,” urai Yayan Gobel.

Namun demikian, Yayan mengungkapkan, dalam pelaksanaan pembangunan jaringan listrik ke Pinogu ini, tentu membutuhkan peran masyarakat untuk membantu pihak PLN dan vendor pelaksana dalam hal mobilisai material jaringan karena sukitnya medan yang dilalui, karena ini menjadi hambatan utama mobilisasi ke lokasi.

Kemudian pada operasional nanti, mohon masyarakat untuk menjaga tanaman atau pepohonan agar tidak menyentuh jaringan serta merelakan pohon, untuk dipangkas petugas PLN jika pohonnya sudah mendekati jaringan listrik. ”Sebaiknya, menghubungi PLN jika ada proses administrasi yang akan diselesaikan, dan membayar rekening listrik tepat waktu,” terangnya. (rg-46)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *