Akan Ada PAW Besar

Aleg Digeser ke 3 DOB Baru

RadarGorontalo.com – Walaupun masih sebatas daerah persiapan, tahun 2017 nanti tiga daerah otonomi baru (DOB) masing-masing Kabupaten Boliyohuto, Gorontalo Barat (Gobar) dan Kabupaten Panipi akan disahkan. Dan bisa dipastikan, akan ada pergantian antar waktu (PAW) di DPRD Kabupaten Gorontalo dan Pohuwato. Mengingat, sejumlah Aleg asal tiga daerah itu, akan kembali ke wilayah mereka masing-masing. Belum lagi, APBD yang harus tersedot untuk membiayai daerah pemekaran itu.

Masing-masing daerah pemekaran nanti, akan diisi oleh 20 anggota legislatif. Jadi, ini merupakan kesempatan bagi para caleg yang gagal namun punya suara terbanyak kedua dan ketiga, untuk duduk di lembaga legislatif. Sedangkan Aleg dari daerah pemekaran dengan suara terbanyak yang kini duduk di legislatif Kabupaten Gorontalo maupun Pohuwato, berkesempatan menduduki jabatan sebagai ketua DPRD. Tak cuma itu, sejumlah PNS banyak yang berkesempatan mendapatkan kenaikan pangkat untuk kemudian menduduki jabatan strategis seperti kepala dinas atau kepala bagian.

Tentu tak hanya masyarakat umum yang gembira menyambut kabar ini, para calon penjabat bupati, para penganti antar waktu anggota dewan maupun anggota dewan yang baru hingga para calon kepala dinas, dan para kontraktor pun pasti senyum-senyum mendengar kabar ini. Tapi perlu diketahui dan ditanamkan dalam-dalam dibenak kita bahwa jika 3 tahun berturut-turut 3 DOB tersebut tidak mampu sesuai ketentuan, maka akan kembali ke daerah induk atau dimerger.

Tapi untuk Provinsi Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie telah berjanji akan memperjuangkan bahkan memprio
ritaskan 3 DOP tersebut hingga benar-bener terwujud dan memenuhi persyaratan, termasuk persiapan anggaran untuk persiapan daerah otonomi baru. Namun belum diketahui dengan pasti berapa anggaran yang disiapkan oleh Pemprov Gorontalo untuk 3 daerah tersebut, yang pasti seperti di daerah-daerah lain, daerah induk menyiapkan puluhan hingga ratusan miliar untuk DOB.

Rapat DPD-RI baru-baru ini yang dihadiri oleh Mendagri dan seluruh gubernur, bupati, walikota daerah pengusul DOB termasuk Gorontalo, berhasil mendeklarasikan seluruh usulan ditampung dan dipresure oleh DPD-RI ke DPR-RI. Gorontalo Gorontalo Rusli Habibie saat itu diwakili oleh Asisten I DR. Anis Naki. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *