Rab. Jun 19th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Air Sungai Tapadaa Diuji Sampel

1 min read
ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGOrontalo.com – Pencemaran sungai Tapadaa Kabupaten Bone Bolango yang dilakukan empat pemuda, dengan membuang limbah B3 (bahan, berbahaya, beracun)  sejenis zat sianida, harus diseriusi kalau tak ingin jatuh korban lagi. Selasa (19/7), BPOM, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Bone Bolango turun langsung ke lokasi guna melakukan pengambilan sampel terhadap air sungai Tapadaa.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango dr.Rusli Katili saat diwawancarai. “ya, kami sudah turun dan melakukan pengambilan sampel air sungai”,ujarnya. Soal kepastian apakah sungai itu tercemar atau tidak, kiranya semua pihak jangan langsung memvonis karena semuanya menunggu hasil uji sampel yang kami lakukan, agar tidak ada isu yang beredar dikalangan masyarakat yang justru membuat warga resah.

Baca Juga : Warga Tolomato Keracunan Sianida

     Air PDAM Layak Konsumsi

Begitu juga halnya dengan adanya beberapa warga yang katanya diserang penyakit Muntaber akibat mengkonsumsi air sungai tersebut. Kata dr.Rusli, pihaknya sudah mendatangi beberapa warga itu dan kini kondisi mereka sudah membaik. Sehingganya, jangan ada lagi spekulasi terkait persoalan ini, kita tunggu saja uji sampelnya apakah memang tercemar atau tidak”, ujar dr.Rusli memastikan. (RG-52)

Share

Tinggalkan Balasan