Adipura Pertama Untuk Bonbol

BUPATI Hamim Pou berjabat tangan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sesaat setelah menerima Piala Adipura

RadarGorontalo.com – Untuk pertama kalinya, Bone Bolango meraih Piala Adipura nanti dimasa kepemimpinan Bupati Hamim Pou dan Wabup Kilat Wartabone.

Memang tidak gampang meraih penghargaan tertinggi dibidang lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini.

Kepala daerahnya harus punya kebijakan yang jitu dan dukungan fasilitas yang memadai. Namun tidak demikian dengan Hamim. Meski tidak didukung fasilitas yang memadai, Hamim tetap mampu mendatangkan Piala Adipura untuk rakyat Bone Bolango.

Dan rabu (2/8), bertempat di halaman gedung Manggala Wanabakti, Hamim menerima langsung Piala Adipura yang diserahkan oleh Menteri Koordinasit Bidang Perekonomian Darmin Nasution, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Dari 133 daerah penerima Piala Adipura, Hamim sendiri menjadi salah satu perwakilan kepala daerah yang menerima Piala Adipura yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri LHK Siti Nurbaya berharap agar pencapaian Piala Adipura ini bisa terus menjadi motivasi dan semangat kepala daerah didalam meningkatkan realisasi kebijakan dibidang lingkungan. Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang meraih Piala Adipura.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengulas persoalan hutan di negara kita Indonesia yang sangat memprihatinkan. Banyak hutan yang tidak terkelola dengan baik sehingga kurang memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi.

Jokowi memberikan contoh negara swedia dan finlandia yang ekonominya berjalan hampir 80 persen berasal dari pengelolaan hutan yang baik. “ini harus kita contoh. kepala daerah harus bergerak cepat, sehingga nantinya ekonominya kita dapat, lingkungan yang baik juga kita dapat.” urainya.

Dan untuk bisa mewujudkan itu, maka dibutuhkan jiwa-jiwa mulia para rimbawan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan kongkrit dan real yang ada dilapangan. Pelestarian gambut harus dilihat betul. Hutan-hutan primer harus dijaga, jangan sampai hutan tidak memberikan apa-apa terhadap rakyat.

Di negara lain hutan bisa memakmurkan rakyatnya. Kenapa di negara kita tidak bisa? anehnya lagi, masyarakat yang hidup dikawasan hutan jati justru banyak yang miskin. “mindset kita harus dirubah. Hutan harus berikan manfaat bagi rakyat dan kesejahteraan masyarakat disekitar hutan harus meningkat.” paparnya.

Kepada para perih Adipura, Presiden Jokowi berharap bisa memberikan contoh dan inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk dapat berinovasi menciptakan terobosan-terobosan yang positif kearah perbaikan lingkungan yang lebih baik dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang bisa mensejahterakan rakyat. Sementara itu, Bupati Hamim Pou mengaku bersyukur Bone Bolango meraih Adipura.

Bupati Hamim juga berjanji akan terus berupaya meningkatkan kebijakan dan program dibidang lingkungan dengan menambah fasilitas penunjang kebersihan lingkungan, memperkuat kebijakan dibidang lingkungan serta menggerakan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan.

Sementara itu, Bupati Hamim Pou pagi ini akan tiba di Gorontalo dengan membawa Piala Adipura. Piala ini nantinya akan diarak dari Bandara Djalaludin Gorontalo sampai dengan mengelilingi kabupaten Bone Bolango. (RG-46)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *