960 Aparat Gabungan Amankan Gorontalo

Pengecekan pasukan yang dilakukan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara
Pengecekan pasukan yang dilakukan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara

RadarGorontalo.com – Aparat gabungan diantaranya dari pihak Polri, TNI dan Pemerintah Daerah yang berjumlah sebanyak 960 personil, sejak Kamis (30/06), resmi ditugaskan untuk melakukan pengamanan di Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. Pengamanan ini disebut Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara, adalah operasi Ramadhaniya otanaha 2016.

Penyematan pita pada masing-masing personil perwakilan institusi, menjadi simbol bahwa amanah tugas yang diemban 960 personil tersebut, wajib dilaksanakan selama 16 hari sejak Kamis kemarin. Apel gelar pasukan yang dipimpin Jenderal Bintang Satu itu, dirangkaikan dengan pengecekkan kesiapan pasukan.

Dan tujuan operasi ini kata Kapolda, untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat, agar dapat melaksanakan ibadah Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, dengan penuh hikmah. “Semua personil ini, ditugaskan di seluruh wilayah hukum Gorontalo, maka tugas mereka bukan hanya terfokus di satu tempat, melainkan melakukan pengamanan jalur mudik juga,”ujar Kapolda.

Apalagi soal mudik, yang sudah menjadi tradisi masyarakat setiap Idul Fitri, yang menyebabkan mobilisasi terjadi besar-besaran. Nah, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada masyarakat, pihaknya sengaja menyebarkan personil yang tergabung dalam operasi ini di semua wilayah. “Terutama penyebaran personil ini, ditempatkan diwilayah yang rawan tindak krimal dan kemacetan. Hal ini harus dikelolah dengan baik, agar tidak terjadi gangguan Keamanan, Keselamatan dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcar Lantas),”jelas Kapolda, dalam sambutannya.

Selain itu tambah Kapolda, pihaknya telah mendapatkan sebanyak 40 pos yang terletak di seluruh wilayah hukum Gorontalo, mulai dari pos pengamanan berjumlah 27, dan pengamanan bantuan sebanyak 13. Dan di 40 pos tersebut lanjut Kapolda, akan ditempatkan aparat gabungan yang siap melakukan pengamanan, dan pemeriksaan kendaraan serta hal-hal yang mencurigakan. Sehingga dari program pengamanan ini, masyarkat diimbau agar memberikan dukungan atas kinerja yang dilakukan aparat tersebut.

“Keterlibatan masyarakat dalam operasi ini, akan memberikan kesan yang lebih baik dan positif, terhadap situasai wilayah. Karena dengan cara berbagi informasi, atau koodrinasi dengan aparat yang telah ditempatkan di masing-masing wilayah, kondisi aman dan nyaman terus akan tercipta sampai seterusnya,”tukas Kapolda. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *