71 Hari Jelang Pemilu, Bawaslu Ingatkan Kembali Netralitas ASN

Jaharudin Umar

RadarGorontalo.com – Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu yang tinggal 71 hari, Bawaslu Provinsi Gorontalo kembali mengingatkan seluruh ASN di Provinsi Gorontalo untuk netral dan tidak menampakkan keberpihakannya kepada peserta Pemilu.

Baik terhadap calon anggota legislatif baik DPR, DPRD atau DPD dan terhadap calon presiden dan wakil presiden. Kominoner bidang penindakkan Jaharudin Umar menyampaikan bahwa undang-undang sangat tegas mengantur tentang hal ini.

Karena saat ini masih ada ASN yang ikut dalam kegiatan politik. Ingat ASN yang melakukan pembujukan, pengumpulan data, dan koordinasi kepada masyarakat luas untuk memenangkan salah pasangan calon pada Pemilihan Umum (Pemilu) bisa terkena pelanggaran pidana.

Sudah ada dua hingga tiga kasus tentang netralitas ASN yang terjerat pelanggaran tindak pidana Pemilu, dan ini cukup menjadi pelajaran untuk ASN lainnya.

Jadi ketika melakukan pelanggaran ASN tersebut tidak lagi dikenakan sanksi atau pelanggaran administrasi, tetapi di dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sudah dijelaskan tentang sanksi pidananya,” tegas Jaharudin.

“Sekali lagi kami ingatkan hati-hati kepada ASN untuk tidak melakukan bujukan, pengumpulan data, dan koordinasi kepada masyarakat untuk memenangkan pasangan calon tertentu pada Pemilu.

“ASN tetaplah bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan negara dan tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang berbau politik praktis”, tegasnya. (try)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *