50 Juta, Satu Masjid

ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Ini kabar gembira bagi masjid-masjid yang tersebar di 6 kabupaten/kota atau seluruh wilayah provinsi Gorontalo. Bahwa, di APBN 2017 mendatang, pemerintah pusat telah mengalokasikan dana miliaran rupiah yang diperuntukan bagi masjid-masjid se Indonesia, termasuk di provinsi Gorontalo, yakni masing-masing sebesar Rp 50 juta untuk 1 atau setiap masjid. Yang peruntukannya, dimintakan dapat memenuhi semua kebutuhan pembangunan, bahkan operasional dari masjid itu sendiri. Seperti untuk honor imam, muadzin, dan sebagainya.

Hal itu terungkap dalam agenda konsultasi jajaran Panitia Khusus (Pansus) di Deprov Gorontalo, yang menggodok Ranperda Penyelenggaraan Ketahanan Keluarga di Kementerian Agama (Kemenag) RI, kemarin. Dimana, disela-sela mendapat kucuran anggaran untuk biaya penyuluhan pra nikah bagi 1000 (seribu) calon pengantin, Kemenag juga menjabarkan program lain yang tengah dibidiknya di daerah-daerah di seluruh Indonesia itu, pada APBN 2017 nanti, adalah penyediaan alokasi anggaran untuk masjid-masjid. “Dana yang disiapkan oleh Kemenag RI untuk masjid-masjid di seluruh Indonesia, termasuk di provinsi Gorontalo itu, adalah Rp 50 juta untuk tiap masjid, di APBN 2017 mendatang.

Adapun cara atau prosedur untuk mendapatkannya, yakni dengan mengirimkan proposal, yang ditujukan ke Kemenag RI, terkait kebutuhan anggaran dari masjid-masjid, khususnya yang ada di provinsi Gorontalo,” ungkap anggota Pansus, Ismail Alulu, yang juga anggota Komisi IV Deprov, yang bermitra kerja dengan Kanwil Kemenag RI di provinsi Gorontalo ini.

Nantinya, harapan Alulu, bagi masjid-masjid di seluruh wilayah se provinsi Gorontalo, yang sekiranya telah mempunyai perencanaan di tahun 2017 mendatang, dan sekiranya membutuhkan anggaran yang banyak, ada baiknya memanfaatkan penawaran program ketersediaan anggaran untuk masjid-masjid dari Kemenag RI ini. “Artinya, sejak saat sekarang, silahkan disusun project proposal untuk kebutuhan masing-masing masjid, untuk disiapkan pengajuannya di APBN 2017 mendatang.” ujar politisi PAN di Deprov ini. “Tentunya, kami berharap, agar kebutuhan anggaran tiap masjid itu nanti, kelak nantinya turut dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya nanti,” harap Alulu. (rg-28)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.