2,5 M untuk Jalan Pinogu

KONDISI akses jalan ke Kecamatan Pinogu saat ini. Nampak Bupati Hamim Pou saat menaiki sebuah ojek sepeda motor yang sudah di modifikasi, saat berkunjung ke Kecamatan Pinogu, baru-baru ini.

RadarGorontalo.com – Pemda kabupaten Bone Bolango bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2,5 miliar untuk program padat karya pembangunan akses jalan ke kecamatan Pinogu. Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan kecamatan Pinogu merupakan daerah yang sangat kaya dengan berbagai potensinya. Hanya saja permasalahan yang ada adalah pada akses jalan.

Oleh karena itu, pada tahun 2018 mendatang, Bupati mendorong dan memberi perlakuan secara khusus untuk kecamatan yang berada di tengah-tengah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini. “kita akan mendorong Dana Desa (DD) dialokasikan sebesar-besarnya untuk pembangunan infrastruktur, terutama perbaikan dan pembuatan akses jalan rabat beton menuju wilayah itu.” kata Hamim belum lama ini. Tidak hanya itu, Hamim menambahkan Pemda Bone Bolango juga akan menganggarkan program padat karya tahun 2018 mendatang. “kita akan anggaran APBD tahun 2018 sebesar Rp. 2,5 miliar untuk lima desa di kecamatan Pinogu dan setiap desanya akan menerima Rp. 500 juta.” tambahnya.

Bupati Hamim berharap dengan anggaran tersebut, sekurang-kurangnya bisa membangun jalan rabat beton 10 kilometer menuju kecamatan Pinogu, terutama di lokasi jalan yang rusak dan parah, seperti di sabua 10, 11 dan 12. Program padat karya ini, harus dikerjakan oleh warga desa maupun BUMDes setempat atau kerjasama antar desa di lima desa di kecamatan Pinogu. “dari anggaran program padat karya Rp. 500 juta per desa ini, harus menghasilkan perbaikan dan pembangunan jalan rabat beton sekurang-kurangnya 2 kilometer setiap desanya. kalau lima desa, berarti menghasilkan jalan rabat beton 10 kilometer.” tuturnya. Menurut Hamim, program padat karya ini sudah menjadi arahan dari Presiden Jokowi. Pembangunan dan perbaikan jalan ke Pinogu bisa cepat teratasi jika semua kompak.

Karena itu, semua harus fokus pada perbaikan dan pembangunan akses jalan ke wilayah itu. Hamim meyakini, jika jalan ke Pinogu sudah bagus, maka penurunan angka kemiskinan di wilayah itu akan bisa lebih cepat. Karena berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS), salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat miskin di Gorontalo karena ketiadaan akses jalan, termasuk ketiadaan alat transportasi publik yang akan memindahkan produk pertanian ke pasar. Maka dari itu, Hamim tegas akan mendorong Dana Desa di tahun anggaran 2018 untuk lima desa di kecamatan Pinogu harus lebih banyak dibuat jalan.

Demikian juga dari APBD kabupaten Bone Bolango yang akan diarahkan untuk Kecamatan Pinogu juga akan didorong semuanya untuk menuntaskan pembangunan jalan. “kita akan kolaborasi antara desa dan kabupaten melalui Dana Desa dan APBD Kabupaten. Kita akan berkonsentrasi tidak untuk menyambungkan semua akses jalan ke wilayah itu, tapi titik-titik yang parah itulah yang dituntaskan dan diselesaikan.” tuturnya. (RG-46)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *