2018, Tak Ada Rekrutman CPNS ?

RadarGorontalo.com – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengisyaratkan tidak akan melakukan rekrutmen Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 nanti. Menurutnya jumlah PNS Gorontalo saat ini sudah cukup banyak terlebih dengan ketambahan guru SMA sederajat yang kini menjadi tanggungan pemerintah provinsi. Hal tersebut disampaikan Rusli dalam sebuah dialog radio, kemarin.

Rusli menilai, jumlah PNS yang besar hanya akan membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Padahal di sisi lain, APBD Gorontalo yang ‘hanya’ 1,8 Trilyun Rupiah masih dibutuhkan untuk fokus pada pembangunan dan menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan.

Meskipun begitu, lanjut gubernur dua periode itu, pihaknya menyerahkan kebijakan penerimaan CPNS kepada pemerintah pusat. Jika Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) membuka lowongan untuk daerah maka pihaknya akan mengajukan pengusulan. “Sekarang kan penerimaan CPNS sudah terpusat di Kemenpan, tidak lagi di daerah daerah. Kita mengusulkan tapi yang menentukan butuh atau tidaknya di Kemenpan tidak seperti dulu lagi di provinsi dan kabupaten/kota,” pungkasnya. (RG-25)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *