100 Tahun, Mengenal Sosok HB Jassin Lebih Dekat

 

HB Jassin

 

RadarGorontalo.com – Tak sedikit masyarakat Gorontalo, khusunya para pemuda saat ini, yang tak kenal siapa sosok HB Jasin.
Melalui diskusi tentang HB Jassin ini, diharapkan akan lebih mendekatkan pemahaman sastra generasi muda di Gorontalo. “Kita perlu mendekatkan generasi muda Gorontalo dengan sastra,” kata Kepala Kantor Bahasa Gorontalo, Sukardi Gau, Senin (4/9).

Menurut Sukardi, generasi muda akan mengenal lebih dekat sosok HB Jassin, terutama karya-karya monumental, melalu diskusi yang digelar ini. Sebagai tokoh asli Gorontalo, HB Jassin dipandang memiliki pengaruh besar terhadap peta kesusastraan Indonesia dan Asia Tenggara. “Pengaruh Jassin ini membuat beliau sampai digelari Paus Sastra Indonesia,” ujarnya.

Dengan diskusi sastra, generasi muda akan memahami seperti apa itu puisi, cerita pendek, maupun esai atau kritik sastra. “Harapan kami, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Gorontalo, terutama generasi muda,” kata Sukardi.

Kegiatan ini sekaligus peringatan 100 tahun HB Jassin. HB (Hans Bague) Jassin adalah kritikus sastra, pengarang dan penyunting. Jassin lahir di Gorontalo pada 13 Juli 1917 dan meninggal di usia 82 tahun.

Diskusi merupakan ruang untuk mengenang kembali sumbangsih Jassin atas bangsa ini. Kegiatan ini merupakan kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo dengan Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo.

“Diskusi ini menghadirkan sastrawan Joko Pinurbo,” kata penyair Gorontalo Jamil Massa, sekaligus pemandu diskusi.

Sebelum diskusi sastra, Joko Pinurbo akan menjadi juri Lomba Musikalisasi Puisi yang digelar Kantor Bahasa Gorontalo, pada Selasa (5/9), di Gedung Misfalah. Peserta lebih kurang 20 kelompok musikalisasi yg terpilih dari siswa SMA Se-Provinsi Gorontalo.

Sastrawan Joko Pinurbo adalah penerima penghargaan Badan Bahasa Jakarta dan khatulistiwa literary awards, pada 2015. Jamil Massa sebagai pemandu diskusi dikenal sebagai penyair Gorontalo yang telah menerbitkan buku puisi Sayembara Tebu 2016 dan Pemanggil Air 2017. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.